Kamis, 19 Maret 2015

Sekolah Adiwiyata

Apa yang di maksud dengan sekolah adiwiyata

Setelah di hapuskannya RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) kali ini banyak sekolah yang mencanangkan untuk mencapai sekolah adiwiyata, bahkan sekolah saya sendiri juga sedang gencar-gencarnya untuk mencapai title sekolah adiwiyata. Entah apa yang ada di dalam benak kepala sekolah namun seakan-akan sekolah adiwiyata adalah title yang harus di capai karena banyak manfaatnya. Berbicara mengenai sekolah adiwiyata sebenarnya apa sih yang di maksud dengan sekolah adiwiyata itu? Nah banyak sekali orang yang sudah mengetahui tentang sekolah adiwiyata namun belum tau apa yang di maksud sekolah adiwiyata itu sendiri. Dalam artikel singkat kali ini kita akan membahas mengenai pengertian sekolah adiwiyata, langsung aja dari pada kelamaan simak di bawah ini:

Pengertian sekolah adiwiyata

Kata "adiwiyata" memiliki makna atau pengertian yaitu tempat yang baik yang di situ dapat di peroleh semua ilmu pengetahuan dan norma etika yang menjadi dasar terciptanya kesejahteraan dan menuju pembangunan yang berkelanjutan. Pengertian sekolah adiwiyata di sini dapat di artikan sebagai sekolah yang berwawasan dan peduli terhadap lingkungan.  Sekolah adiwiyata memiiki tujuan utama yakni sekolah yang warganya bisa menjaga dengan baik aset-aset sekolah terutama yang berhubungan dengan lingkungan, sehingga di harapkan di kemudian hari warga sekolah bisa lebih menjaga lingkungan secara berkelanjutan.

Kurang lebih seperti ini yang dapat saya sampaikan dari pengertian sekolah adiwiyata jiuka ada salah kata mohon untuk di maafkan, akhir kata Wassalamualaikum.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr wb
    Terimakasih atas infonya.
    Luar biasa bangga ketika mendengar SD Negeri Harjasari 02 sedang gencar-gencarnya mencanangkan program menuju sekolah adiwiyata. Dalam program ini diharapkan setiap warga SDN Harjasari 02 dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif. Dan itu artinya SDN harjasari 02 ini mendukung dalam peningkatan ecoliteracy (ecological literacy). iyaapppp ecoliteracy atau melek ekologi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan manusia yang sudah mencapai tingkat kesadaran tinggi tentang pentingnya lingkungan hidup.

    Saya sendiri sangat yakin ketika SDN Harjasari 02 mempunyai program menuju sekolah adiwiyata kemudian didukung dengan lingkungan dan kesadaran warga sekolah, insyaAllah akan mendapat predikat sebagai sekolah adiwiyata yang merupakan program dari kementerian lingkungan hidup.
    hanya saja dalam pelaksanaan program ini, ada empat aspek yang perlu diperhatikan oleh sekolah untuk dikelola dengan cermat dan benar apabila mengembangkan Program Adiwiyata.
    1. Pengembangan Kebijakan Sekolah.
    2. Pengembangan Kegiatan Berbasis Parsitipatif.
    3. Pengelolaan dan atau pengembangan Sarana Pendukung Sekolah.
    4. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan.
    Nah... beberapa permasalahan yang saya temui di lapangan, sekolah yang sudah ber"tittle" adiwiyata, sering terkendala pada aspek yang ke empat (Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan). Pengembangkan kurikulum berbasis Adiwiyata sangat terkait dengan tupoksi guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran atau dengan kata lain guru harus memiliki kompetensi dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup, yaitu bagaimana guru menyusun perangkat pembelajaran yang terintegrasi dengan Pendidikan lingkungan hidup (Perangkat pembelajaran berbasis Adiwiyata). Penyampaian materi lingkungan hidup kepada para peserta didik dapat dilakukan melalui kurikulum belajar yang bervariasi, dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang lingkungan hidup yang dikaitkan dengan persoalan lingkungan sehari-hari. Semoga dari apa yang saya lihat dilapangan berkaitan dengan kompetensi guru dalam mengembangkan pembelajaran lingkungan hidup dapat menjadi masukan untuk bapak ibu guru SD Negeri Harjasari 02.

    Berangkat dari permasalahan tersebut, saya berencana melakukan penelitian studi evaluatif pembelajaran di sekolah adiwiyata dengan konsep ecoliteracy di semarang. Saya minta doa dari bapak/Ibu guru SDN Harjasari 02 semoga penelitian saya dapat dilaksanakan dengan lancar sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi kementrian lingkungan hidup kota semarang dan seagai syarat untuk lulus studi di Bandung ini. haha haturnuhun bapak ibu...
    Wassalamualaikum wr wb.

    Bayu Wijayanto

    BalasHapus